Minggu, 31 Mei 2015

Array


Pada saat tertentu dalam membuat program butuh untuk untuk menyelesaikan permasalahan yang memerlukan suatu variabel  yang dapat menampung banyak nilai, misalnya variabel untuk menampung nilai ulangan 40 mahasiswa. Bahasa pemrograman C++ menyediakan sebuah struktur data yang menampung koleksi elemen-elemen dengan tipe data yang sama, yaitu array.
Array dapat digambarkan sebagai koleksi variabel-variabel dengan tipe yang sama dalam suatu urutan tertentu yang mengunakan nama yang sama, yang membedakan adalah indeks atau posisi. Array dapat berupa 1 dimensi, 2 dimensi, dan bahkan n-dimensi. Suatu array dikatakan sebagai 1 dimensi, 2 dimensi, atau n-dimensi berdasarkan banyaknya penunjuk indeks/posisi.
Untuk mendeklarasikan array, perlu disebutkan tipe dari array yang dibuat misalnya int, float atau double dan juga ukuran array. Untuk menentukan ukuran array perlu ditempatkan jumlah nilai yang dapat disimpan dalam sebuah tanda kurung siku yang terletak setelah nama array. Sintaksnya adalah sebagai berikut

tipe namaArray [ukuranArray];

Sintaks diatas untuk mendeklarasikan array satu dimensi. Ukuran array harus merupakan konstanta integer yang lebih dari nol dan tipe dapat berupa tipe data adalam C++. Berikut ini contoh untuk mendeklarasikan array 40 elemen dengan nama nilaiMhs dengan tipe int:

int nilaiMhs[40];

Untuk inisialisasi array ada beberapa macam cara, cara yang pertama adalah seperti berikut ini:

int nilaiMhs[5]={90,65,79,95,80};

Jumlah nilai diantara tanda {} tidak bisa lebih dari jumlah elemen yang dideklarasikan. Jika jumlah elemen array tidak disebutkan secara spesifik maka ukuran array akan secara otomatis mengikuti jumlah elemen yang diberikan, seperti pada cara kedua berikut ini:

int nilaiMhs[]={90,65,79,95,80};

Untuk mengakses elemen suatu array, kita dapat menggunakan indeks dari elemen tersebut. Berikut adalah contoh untuk mengakses elemen pada posisi indeks 4 (elemen ke-5) dan memasukkannya pada variabel:

int nilai = nilaiMhs[4]

Berikut contoh program array satu dimensi:



























Struktur array yang dibahas diatas, merupakan array satu dimensi, sehingga variabelnya disebut dengan variabel array berdimensi satu. Selanjutnya akan ditunjukkan array berdimensi lebih dari satu yang sering disebut dengan array berdimensi dua. Adapun bentuk umum deklarasi array dua dimensi adalah sebagai berikut:

        Tipe_Data Nama_Variabel [index-1][index-2]

Array dua dimensi sering sekali digambarkan/dianalogikan sebagai sebuah matriks. Dimana indeks pertama menunjukkan baris dan indeks kedua menunjukan kolom. Array dua dimensi terdiri dari beberapa baris dan beberapa kolom elemen yang bertipe sama. Pada array dua dimensi terdapat dua jumlah elemen yang terdapat didalam kurung siku dan keduanya boleh tidak sama.

Berikut Contoh Program Array dua dimensi:















Referensi :
  1. Darmawan H, Erico.2009.Pemrograman Dasar C-Java-C# Yang Susah Jadi Mudah.Bandung.INFORMATIKA
  2. Enterprise, Jubile.2015.Cepat Menguasai C++.Jakarta.Pt Elex Media Komputindo
  3. Suprapto.2008.Bahasa Pemrograman Untuk SMK.Jakarta.Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar